Hal-hal Penting tentang Bahan Kain Jetblack yang Perlu Diketahui

Bahan Kain Jetblack

Saat ini, industri tekstil yang menyangkut produksi kain atau bahan pakaian sedang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Salah satu produk yang saat ini tengah berada di puncak trend adalah jenis pakaian gamis dan tunik untuk pakaian muslimah. Kedua pakaian tersebut biasanya menggunakan bahan kain khusus salah satu yang sering digunakan adalah bahan kain jetblack.

Meskipun jetblack sering dikenal sebagai salah satu nama kain tetapi sebenarnya hal itu tidak benar. Jetblack sendiri seperti namanya adalah jenis bahan dasar pewarna kain yang bisa memberikan warna hitam pekat. Nah masih banyak yang jarang orang ketahui tentang kain jetblack dan semuanya akan dibahas tuntas di sini. Yuk simak terus sampai selesai:

1. Apa itu Kain Jetblack?

Bahan kain jetblack sebenarnya bukanlah jenis kain melainkan salah satu zat celupan warna yang memberikan warna hitam pekat pada kain. Kain yang digunakan pada pencelupan jetblack ini tidak bisa sembarang kain melainkan harus diperhatikan tingkat penyerapan warnanya. Warna yang dihasilkan pada kain nantinya bisa tampak berbeda sesuai dengan jenis kain yang digunakan.

2. Karakteristik Kain Jetblack

Ciri utama dari kain yang menggunakan jetblack ini adalah warnanya yang hitam sesuai dengan arti black itu sendiri. Kain yang sering disebut kain jetblack memiliki tekstur yang lembut dan terasa ringan saat dipakai. Meskipun memiliki warna hitam, kain jetblack ini tergolong dingin. Kualitas pewarnaan juga sangat baik karena memang di proses produksi harus melewati 2 kali celupan.

3. Ciri-ciri Bahan Jetblack

Ada beberapa ciri khusus yang membedakan kain jetblack dengan yang lain salah satunya adalah tidak mudah kusut. Selain itu kain yang bisa digunakan dengan pewarna ini biasanya sedikit lebih tebal dan terasa adem. Serat yang halus pada bahan kain yang digunakan memberikan kesan elegan ketika bahan kain jetblack sudah diproses menjadi gamis siap pakai.

READ  Ciri Khas Bahan American Drill Dan Jenis Baju Yang Cocok Dibuat

4. Harga Kain Jetblack

Banyak orang mengira kain kualitas tinggi akan dibandrol dengan harga yang sangat tinggi pula. Tidak dengan kain jetblack ini yang dibandrol di kisaran harga mulai dari 30 ribu saja untuk satu meternya. Harga yang dipasang memang lebih mahal dari kain wolfis karena kualitas yang lebih baik dan lebih nyaman. Jika berniat pesan dalam jumlah banyak, harganya masih berpotensi lebih murah.

5. Bahan Kain untuk Gamis dan Pakaian Syar’i

Kain jetblack yang satu ini saat ini sangat digemari loh di kalangan wanita yang menyukai pakaian syar’i. Warnanya yang hitam polos tanpa ada campuran warna lain membuat kain ini tampak sesuai dengan kebutuhan pakaian muslimah yang tidak boleh mencolok. Bahan kain jetblack juga tergolong salah satu yang jatuh saat dikenakan sehingga tidak akan menunjukkan bentuk tubuh pengguna.

Lihat juga: bahan american drill

6. Sering Disebut dengan Korea Black

Setelah tadi dijelaskan bahwa kain jetblack bukanlah jenis kain melainkan bahan pewarnanya, bahan ini dipercaya dibuat di Korea. Ini karena Korea memang biasa dikenal sebagai negara penghasil bahan pewarna terbaik bersama dengan Jepang. Di penjual tekstil di Arab kain ini biasa disebut juga dengan Fursan Korea karena pewarnanya yang menggunakan jetblack.

Nah itu dia beberapa fakta tentang kain jetblack yang mungkin tidak banyak orang awam ketahui. Kain jetblack ini di pasaran biasa digunakan sebagai istilah penggantian jenis kain wool peach yang berwarna hitam. Bahan kain jetblack merupakan salah satu pewarna hitam pekat pada bahan kain dengan kualitas sangat baik loh. Penggunaannya bahkan sudah biasa untuk ekspor.