Kenali Karakteristik dari Bahan Kain Toyobo Berikut Ini

Bahan Kain Toyobo

Kain katun merupakan salah satu jenis kain yang banyak diminati oleh orang untuk dijadikan baju maupun jilbab. Ada banyak jenis katun yang tersedia di pasaran, namun tidak semuanya nyaman digunakan untuk baju. Jika sedang mencari alternatif kain katun dengan kualitas yang bagus, maka cobalah bahan kain Toyobo.

Kain Toyobo merupakan salah satu jenis katun yang berasal dari Kepang. Jika dilihat sekilas, bahan kain Toyobo terlihat sama seperti katun biasa yang diproduksi di Indonesia. Namun, jika dilihat secara lebih detail, kain Toyobo memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut dibandingkan dengan katun biasa. Selain itu, kain katun Toyobo bersifat lebih lemas dan jatuh sehingga cocok digunakan untuk baju maupun jilbab.

Ciri Khas dari Kain Toyobo

Dengan banyaknya orang yang menggemari kain Toyobo, maka meningkat pula jenis kain KW dari kain Toyobo tersebut. Oleh karena itu, sebelum membeli kain Toyobo, pastikan untuk mengetahui ciri khas dari kain agar tidak sampai membeli. Berikut adalah cara mudah untuk mengidentifikasi bahan kain Toyobo ketika di toko kain:

1. Serat Kain Rapat & Bahan Jatuh

Ketika ingin membeli kain Toyobo, maka hal pertama yang harus dilihat adalah serat kain. Serat dari kain Toyobo rapat, dan tidak ada celah sehingga membuat kain tidak menerawang. Meskipun begitu, kain ini tidak kaku bahkan bahannya cenderung jatuh mengikuti bentuk tubuh.

2. Tidak Mengkilat

Salah satu cara termudah untuk mencari bahan kain Toyobo adalah dengan mencari kain yang tidak mengkilap. Semua jenis kain Toyobo tidak ada yang mengkilat dan tidak ada warna yang aneh. Karena kain Toyobo yang saat ini tersedia di Indonesia pada umumnya adalah warna dasar seperti hitam, biru, merah, dan hijau.

Baca juga: bahan kain woolpeach

READ  Ciri Khas Bahan American Drill Dan Jenis Baju Yang Cocok Dibuat

3. Tidak Mudah Kusut

Kain Toyobo memiliki sifat kain yang jatuh, namun hal ini tidak membuatnya tampak kusut. Setelah disetrika dan digunakan sebagai baju, kain tidak akan tampak kusut dan tetap terlihat bagus. Proses setrikanya pun sangat mudah dan tidak perlu menunggu hingga setrika sangat panas. Jadi, untuk mengetes sebuah kain Toyoba cobalah untuk melipatnya dan cek apakah membekas atau tidak.

4. Harga Kain

Jangan tertipu jika diberikan kain dengan harga yang sangat murah. Karena pada umumnya, harga kain Toyobo berkisar antara Rp 40.000 -Rp 60.000 dan jarang ada yang menjual di bawah harga tersebut. Namun semakin banyak yang dibeli, maka semakin murah harga yang didapatkan.

Baca juga: bahan american drill

5. Halus dan tidak Kasar

Kain Toyobo dikenal dengan bahan yang halus dan tidak kasar. Oleh karena itu, ketika membeli kain, cobalah meraba kain terlebih dahulu dan rasakan permukaannya. Kain Toyobo seharusnya memiliki permukaan yang rata, halus dan tidak bergelombang.

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki bahan kain Toyobo maka tidak heran jika banyak yang menyukai kain tersebut. Banyak yang menggunakan kain tersebut sebagai gamis, jilbab dan outer. Selain karena bahannya yang nyaman, kain Toyobo juga tidak mudah kusut sehingga membuatnya terlihat selalu rapi ketika digunakan.

Jadi itulah ciri khas dari kain Toyobo yang perlu diketahui. Meskipun ada banyak jenis kain yang mirip dengan kain Toyobo, namun kain-kain tersebut memiliki kualitas yang berbeda. Oleh karena itu, agar tidak sampai salah membeli, ketahuilah ciri khas dari kain Toyobo. Bagi yang menginginkan katun Toyobo dengan kualitas yang lebih bagus lagi, maka bisa mencoba kain Toyobo Fodu.