Bahan Kain Wollycrepe, Bertekstur Seperti Kulit Jeruk

Bahan kain wollycrepe

Bahan kain wollycrepe bisa dibilang merupakan salah satu anggota keluarga kain crepe. Kain ini termasuk salah satu kain bertekstur yang menjadi favorit para desainer pakaian muslimah. Tak hanya itu, kain ini menjadi salah satu kain andalan para hijabers untuk mengekspresikan dirinya.

Kain wollycrepe merupakan kain turunan crepe yang memiliki tekstur berpasir paling lembut. Maka tak heran, banyak yang menyebut kain ini sebagai kain dengan tekstur seperti kulit jeruk. Apalagi pilihan warna yang tersedia juga termasuk paling variatif, banyaknya pilihan warna menjadi salah satu keunggulan kain ini.

Karakteristik Kain Wollycrepe   

Bahan kain wollycrepe adalah bahan bertekstur yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut menjadikan kain ini salah satu primadona di bisnis pakaian muslim di Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis, maka menggunakan kain wollycrepe sebagai bahan untuk membuat pakaian sehari-hari sangat disarankan.

1. Ringan

Bahan wollycrepe memiliki karakteristik yang ringan, tidak kaku sehingga terlihat jatuh alami ketika digunakan. Karena bahannya jatuh alami, keunggulan kain ini adalah tidak membentuk lekukan badan ketika dipakai.

2. Tidak Menerawang

Bahan ini termasuk kain yang tidak menerawang karena bahannya tebal namun tetap ringan. Selain itu, tekstur kain ini butiran pasir halus seperti kulit jeruk. Maka tak heran banyak yang menyebutnya sebagai kain crepe kulit jeruk.

3. Tidak Mudah Kusut

Kain wollycrepe tidak mudah kusut sehingga awet bila digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Serta tidak perlu disetrika berlebihan, karena bahannya tidak mudah kusut. Karena sifatnya yang tidak mudah kusut dan tidak mudah melar, proses menjahit, mengobras, dan neci menjadi lebih mudah dan cepat.

4. Tidak Mudah Menyerap Keringat

Sayangnya, kain wollycrepe ini tidak bisa menyerap keringat seperti kain katun. Karena kain ini merupakan serat buatan, bukan serat alami. Sehingga, kain ini jika dipakai terlalu lama bisa menimbulkan kegerahan bahkan iritasi.

READ  Kenali Karakteristik dari Bahan Kain Toyobo Berikut Ini

Baca juga: bahan kain toyobo

Kain Wollycrepe Untuk Berbagai Jenis Pakaian

Bahan kain wollycrepe digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Umumnya, bahan ini digunakan untuk pakaian muslim. Namun, tak jarang pula yang memakai kain ini sebagai rok bawahan santai.

Untuk pakaian muslim, biasanya gamis syar’i menggunakan bahan wollycrepe sebagai bahan utama. Karena pakaian gamis syar’i tidak terlalu heboh di motif melainkan permainan paduan warna serta cuttingan yang elegan. Sehingga desain yang simple bisa tampak chic ketika digunakan.

Selain itu, kain wollycrepe juga digunakan sebagai bahan untuk hijab, khimar, cadar serta burqa dan niqab. Bahan wollycrepe dirasa pas sebagai kain untuk menutup aurat karena teksturnya yang lembut dan halus. Terlebih bahannya yang ringan membuat kain ini menjadi kain primadona para muslimah.

Tips Merawat Pakaian Berbahan Wollycrepe

Perawatan pakaian berbahan kain wollycrepe harus diperhatikan betul-betul. Karena salah cara perawatan bisa mengakibatkan serat kain menjadi longgar, kusut bahkan rusak. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips merawat pakaian berbahan wollycrepe.

Pertama, cuci pakaian bahan wollycrepe dengan deterjen cair. Jika menggunakan deterjen bubuk, pastikan sudah melarutkannya terlebih dahulu sebelum pakaian dimasukkan.

Kedua, cucilah pakaian tersebut dengan tangan. Kucek dengan lembut untuk area yang terkena noda sehingga tidak merusak tekstur dan kerapatan serat kain.

Ketiga, keringkan secara alami tanpa memerasnya berlebihan. Pengeringan alami baik bagi kain karena tidak merusak kain. Mengingat, bahan kain yang rapat dan bertekstur akan beresiko bila dikeringkan dengan mesin pengering.

Keempat, kain wollycrepe memang tidak mudah kusut. Namun, bila ingin tetap licin setrikalah kain dengan suhu rendah. Jika disetrika dengan suhu yang panas akan merusak tekstur dan warna kain. Hal ini dikarenakan serat kain wollycrepe adalah serat sintetis yang peka terhadap temperatur tinggi.

Nah, informasi mengenai bahan kain wollycrepe sudah diulas. Kesimpulannya, kain ini merupakan kain yang sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian muslim. Karena karakteristiknya yang ringan, jatuh dan tidak transparan.